PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GAME EDUKATIF BERBANTUAN WEBSITE EDUCAPLAY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA DWIWARNA MEDAN
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Game Edukatif Berbantuan Website Educaplay Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiaisi Pada Siswa Kelas X SMK Swasta Dwiwarna Medan Tahun Ajaran 2025/2026. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantiatif tipe eksperimen dengan desain penelitian Two Group Posttest-Only Control Design. Dalam penelitian ini, sampel penelitian adalah kelas X TKJ dengan jumlah 25 siswa yang menjadi kelas eksperimen dengan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif game edukatif berbantuan website educaplay adalah kelas X TKR dengan jumlah 25 siswa yang menjadi kelas kontrol tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif game edukatif berbantuan website educaplay.
Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogitas, dan uji hipotesis. Sesuai dengan metode kuantitatif ini yang berusaha menyajikan data dalam suatu penelitian yang sedang berlangsung. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji “t” pada taraf signifikan 0,05, maka diperoleh ��ℎ���������� > ������������ yakni 7,22 >2,0106. Dengan demikian (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa media game edukatif berbantuan website educaplay berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas x SMK Swasta Dwiwarna Medan tahun ajaran 2025/2026.