IMPLEMENTASI PENDEKATAN TERDIFERENSIASI BERMODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA FASE D
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pendekatan Terdiferensiasi Bermodel Project Based Learning Dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita Pada Fase D.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain penelitian Two Group Posttest-Only Control Design. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IMELDA MEDAN yang terdiri dari 80 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Dalam desain ini, terdapat kelas kontrol tanpa perlakuan dan ada kelas eksperimen dengan diberikan perlakuan. Kelas kontrol tanpa diberikan perlakuan pembelajaran terdifernsiasi bermodel Project Based Learning sedangkan kelas eksperimen dengan dilakukan pembelajaran terdiferensiasi bermodel Project Based Learning, diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 53,3 dengan simpangan baku 15,34 dan nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 79,4 dengan simpangan baku 14,49. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ⍺ =0,05, diperoleh thitung > ttabel (7,90 > 1,82), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha diterima. Hasil uji prasyarat data kontrol dan eksperimen menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen.
Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Implementasi Pendekatan Terdiferensiasi Bermodel Project Based Learning Dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita Pada Fase D.