Implementasi Model Pembelajaran Citizen Prosedur (Cipro) Bermedia Youtube dalam Pendekatan Terdiferensiasi pada Pembelajaran Menyimak Teks Prosedur Fase D
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran citizen prosedur (cipro) bermedia youtube dalam pendekatan terdiferensiasi pada pembelajaran menyimak teks prosedur fase D. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Two Group Post Test Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VII berjumlah 73 Siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Setelah dilakukan penelitian untuk ekperimen pada kelas kontrol dan eksperimen dengan implementasi model pembelajaran citizen prosedur (cipro) bermedia youtube dalam pendekatan terdiferensiasi, diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 62.05 dengan simpangan baku 12,18 dan nilai kelas eksperimen rata-rata 82,43 dengan simpangan baku 11,53. Hasil uji prasyarat data kelas kontrol dan eksperimen menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian dilakukan uji "t" pada taraf signifikan α =0.05 diperoleh Thitung > Ttabel = (6, 5136 > 1,6682). Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada implementasi model pembelajaran citizen prosedur (cipro) bermedia youtube dalam pendekatan terdiferensiasi pada pembelajaran menyimak teks prosedur fase D.