PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI UKURAN PEMUSATAN DATA KELAS X DI SMK NEGERI 14 MEDAN T. A. 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan quizizz terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas X dalam materi ukuran pemusatan data di program keahlian perhotelan. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan teknik probability sampling, di mana kelas X perhotelan-1 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas X perhotelan-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji-t, maka diperoleh t_hitung sebesar 7,635. Untuk α= 0,05 dan db = 66-2 = 64 maka t0,05.64 = 3,2 maka diperoleh t_(tabel )= 3,2 diperoleh t_hitung > t_(tabel ), yang berarti tolak H_0 dan terima H_a. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Nilai rata-rata literasi matematika siswa di kelas eksperimen adalah 83,774, sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 67,543. Hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen adalah 0,73 (kategori tinggi), sementara kelas kontrol memperoleh skor 0,51 (kategori sedang). Besar pengaruh model pembelajaran problem-based learning berbantuan quizizz terhadap literasi matematika siswa mencapai 72,1%. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan quizizz berpengaruh terhadap literasi matematika siswa kelas X Perhotelan-1 SMK Negeri 14 Medan pada materi ukuran pemusatan data.
Collections
- Pendidikan Matematika [687]