• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI TINGKAT RESILIENSI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 BATANG KUIS T.A. 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    ERNY SILABAN.pdf (416.0Kb)
    Date
    2024-11-08
    Author
    SILABAN, ERNY
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah resiliensi matematis dan kapasitas berpikir kreatif berhubungan pada siswa matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan teknik deskriptif untuk mengumpulkan data tentang kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika menggunakan bahan bangun datar persegi panjang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis yang terdiri dari 10 kelas. Dari populasi tersebut, diambil sampel sebanyak 30 siswa dari kelas VIII-7 dan dikategorikan ke dalam tiga tingkat resiliensi matematis: tinggi, sedang, dan rendah. Keterampilan berpikir kreatif matematis dari 30 siswa tersebut kemudian dianalisis untuk mengetahui hubungan antara resiliensi matematis dan kemampuan berpikir kreatif menggunakan instrumen tertentu. Instrumen yang digunakan meliputi Tes Resiliensi Matematis dan Tes Kreativitas Matematis. Analisis keterampilan berpikir kreatif matematis didasarkan pada empat indikator: (1) kelancaran berpikir, (2) fleksibilitas berpikir, (3) orisinalitas berpikir, dan (4) kemampuan elaborasi. Hasil dari analisis regresi sederhana menghasilkan persamaan regresi \(Y = 0,387 + 0,3867X\). Dalam persamaan ini, koefisien untuk X bernilai positif, yang menunjukkan hubungan linier positif antara kedua variabel. Selain itu, perhitungan koefisien korelasi sederhana menghasilkan \(R_{cal} = 0,528\), yang menunjukkan korelasi sedang. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif dalam matematika dipengaruhi oleh 27,9% ketahanan matematika di kalangan siswa Kelas VIII saat memecahkan masalah yang berkaitan dengan bangun datar persegi panjang.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11522
    Collections
    • Pendidikan Matematika [685]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback