PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI EDPUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 37 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Edpuzzle terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 37 Medan Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan desain penelitian two grup posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII dengan jumlah 180 orang dan menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII B dengan jumlah 30 orang dan kelas VIII D 30 orang yang ditentukan dengan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penelitian yakni posttest menggunakan media pembelajaran aplikasi edpuzzle, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas kontrol 53,33 dan posttest di kelas eksperimen nilai rata-rata 78,33. Hasil pengujian normalitas kelas kontrol diperoleh hasil L_hitung < L_tabel = 0,102< 0,161, uji normalitas kelas eksperimen diperoleh hasil L_hitung < L_tabel = 0,198 < 0,161, hal tersebut menunjukkan bahwa penelitian dinyatakan normal, uji homogenitas diperoleh hasil F_hitung < F_(tabel ) atau 1.59914 < 1,8608, dinyatakan homogen dan uji hipotesis menggunakan uji “t” pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh hasil T_(hitung )> T_(tabel )atau 7.120 > 1.6715 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengaruh media pembelajaran edpuzzle mampu meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 37 Medan tahun ajaran 2024/2025.