Show simple item record

dc.contributor.authorHUTASOIT, LIAN HUTASOIT
dc.date.accessioned2024-10-24T05:08:33Z
dc.date.available2024-10-24T05:08:33Z
dc.date.issued2024-10-24
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11374
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran aplikasi kahoot sebagai sarana penyampaian materi terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa. Dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis siswa yang rendah khususnya pada materi teks laporan hasil observasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen, menggunakan desain penelitian Two Group Posttest Only. Populasi dalam penelitian ini 224 orang dan sampel penelitian 64 orang. Dalam penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Setelah dilakukan analisis data penelitian pada kelas kontrol dan kelas eksperimen maka nilai rata-rata yang diperoleh pada kelas kontrol tanpa penggunaan media aplikasi kahoot (53,59) dengan standar deviasi (9,940) dan nilai rata-rata pada kelas eksperimen dengan penggunaan media aplikasi kahoot (86,40) dengan standar deviasi (8,423). Hasil uji data kelas kontrol dan eksperimen menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian dilakukan uji “t” pada taraf signifikan a= 0,05 diperoleh Thitung > Ttabel (14,027>1,66980). Dengan demikian disimpulkan bahwa media aplikasi kahoot berpengaruh signifikan pada kemampuan menulis teks laporan hasil observasi.en_US
dc.subjectAplikasi Kahoot,en_US
dc.subjectKemampuan Menulis,en_US
dc.subjectTeks Observasien_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Kahoot Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Medan T. A 2024/2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record