Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Pada Siswa Siswi Kelas VII SMP HKBP Sidorame Medan T.A 2024/2025.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan media pop-up book terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Pada Siswa Siswi Kelas VII SMP HKBP Sidorame Medan tahun ajaran 2024/2025.. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain One Group Pretest dan Postest. Populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas VII berjumlah sebanyak 25 siswa Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan postest penggunaan media pop-up book, diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 54,4 dengan simpangan baku 0.97 dan kelas eksperimen rata-rata 76 simpangan baku 2.43 dan Standar deviasi 14,787. Hasil uji prasyarat data pretest dan postest menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian dilakukan uji”t”pada taraf signifikan α= 0.05 Thitung > Ttabel = (2,199 > 1.708140. Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan Media pop-up book.