Show simple item record

dc.contributor.authorHARAHAP, JESSICA CAROLINE
dc.date.accessioned2024-10-22T05:54:49Z
dc.date.available2024-10-22T05:54:49Z
dc.date.issued2024-10-22
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11366
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Literasi Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kritis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan T.P 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain penelitian two grup pretest dan posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan jumlah 192 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-3 sebanyak 32 siswa dan VII-4 sebanyak 32 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Literasi Digital, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 50,87 dengan simpangan baku 11,63 dan nilai rata-rata pada posttest yaitu 72,8 dengan simpangan baku 15,89. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ⍺ =0,05, diperoleh thitung > ttabel (4,8 > 2,041), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha diterima. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Literasi Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kritis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan TP 2024/2025.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Berbasis Literasi Digital,en_US
dc.subjectMembaca Kritis,en_US
dc.subjectKemampuan Membacaen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS SISWA-SISWI KELAS VII SMP NEGERI 4 MEDAN T.P 2024/2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record