Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Assemblr Edu Terhadap Kemampuan Menulis Teks Dongeng Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Assemblr Edu terhadap kemampuan menulis teks dongeng fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Medan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian two group posttest-only control design. Peneltian kuantitatif merupakan penelitian yang berdasarkan perhitungan angka-angka statistik dalam hasil temuannya. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah 62 siswa dengan sampel penelitian ini adalah VII-4 sebanyak 31 siswa dan VII-5 sebanyak 31 siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Homogenitas dan uji Hipotesis.
Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan postest penggunaan media pembelajaran Assemblr Edu, diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 59,51 dengan simpangan baku 13,51 dan kelas eksperimen rata-rata 71,77 dengan simpangan baku 14,56. Hasil uji prasyarat data pretest dan postest menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian dilakukan uji “t” pada taraf signifikan α= 0.05 thitung > ttabel yaitu 3,38 > 1,16. Dengan demikian hipotesis awal (HO) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan media pembelajaran Assemblr Edu di kelas VII SMP Negeri 13 Medan.