Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Menulis Teks Argumentasi pada Peserta Didik Kelas XI di SMA Swasta Abdi Negara Binjai Tahun Ajaran 2024/2025
Abstract
Penelitian ini dilakukan di sekolah SMA Swasta Abdi Negara Binjai dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis pada siswa kelas XI SMA Swasta Abdi Negara Binjai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain . Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI berjumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu Teknik cluster sampling dengan menentukan satu kelas, satu kelas siswanya dipilih sebanyak 30 siswa secara acak dari dua kelas di kelas XI . Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Setelah dilakukan analisis data penelitian pada pretest dan posttest maka nilai rata-rata yang diperoleh pada saat pretest tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (50,8) dengan standar deviasi (13,51) dan nilai rata-rata pada saat posttest dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek ( 75,6) dengan standar deviasi (14,76) . Hasil uji data pretest dan posttest menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian dilakukan uji “t” pada taraf signifikan a= 0,05 diproleh Thitung > Ttabel ( 9,13780 > 1,61755). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh signifikan pada kemampuan menulis teks argumentasi.