• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DISKUSI PADA SISWA-SISWI KELAS IX SMPNEGERI 2 PANGARIBUAN TAHUN AJARAN 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    WITA FRISKA.pdf (366.9Kb)
    Date
    2024-10-21
    Author
    FRISKA, WITA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Diskusi Pada Siswa-Siswi Kelas IX SMP Negeri 2 Pangaribuan Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain penelitian two grup pretest dan posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 150 siswa-siswi yang didistribusikan menjadi 6 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster sampling dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX-2 sebanyak 30 siswa dan IX-5 sebanyak 30 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 48,8 dengan simpangan baku 11,28 dan nilai rata-rata pada posttest yaitu 81,2 dengan simpangan baku 15,68. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ⍺ =0,05, diperoleh thitung > ttabel (3,71 > 2,041), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha diterima. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Diskusi Pada Siswa-Siswi Kelas IX SMP Negeri 2 Pangaribuan Tahun Ajaran 2023/2024.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11360
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback