Show simple item record

dc.contributor.authorHUTAPEA, DEVI MELATI WINARTI
dc.date.accessioned2024-10-16T02:35:41Z
dc.date.available2024-10-16T02:35:41Z
dc.date.issued2024-10-16
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11311
dc.description.abstractPermasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perbandingan pembelajaran individu dengan pembelajaran berkelompok melalui model pembelajaran kontekstual mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar di SMP N 1 Borbor pada materi macam – macam kebutuhan manusia dan alat pemenuhanya dengan sampel siswa sebanyak 60 orang. Metode penelitian pada penelitian ini digunakan dengan metode kuantitatif dengan menggunakan regresi perantara adalah suatu penelitian yang bertujuan menjelaskan hubungan antara suatu variabel dengan variabel yang lain. Penelitian ini dilakukan dengan cara pembelajaran berkelompok dan pembelajaran individu dengan diberikanya perlakuan yang sama yaitu menggunakan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar. Nilai siswa pada pembelajaran individu melalui pembelajaran kontekstual memiliki nilai rata – rata 78,7586 dengan standart deviasi 6,836 dan pembelajaran berkelompok melalui model pembelajaran kontekstual memiliki nilai rata – rata 88,6667 dengan standart deviasi 5,467. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis uji t dua pihak untuk α = 0,05 dan dk=60 diperoleh thitung = -8,063 dan ttabel = 0,67874. Maka thitung < ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara variabel X1 ( pemebelajaran individu melalui model pembelajaran kontekstual) X2 ( pembelajaran berkelompok melalui pembelajaran kontekstual). Seperti penelitian yang dilakukan oleh Suhprihtin Siti, dkk pengaruh pembelajaran ekonomi dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar ekonomi ditinjau dari kemampuan awal siswa.en_US
dc.subjectContextual Teaching And Learning (CTL),en_US
dc.subjectMacam – Macam Kebutuhan Manusia Dan Alat Pemenuhanya,en_US
dc.subjectHasil Belajar Siswa.en_US
dc.titleANALISIS PERBANDINGAN PEMBELAJARAN INDIVIDU DENGAN PEMBELAJARAN BERKELOMPOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMP N 1 BORBORen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record