Show simple item record

dc.contributor.authorDEPARI, VICTORY
dc.date.accessioned2024-10-15T06:16:39Z
dc.date.available2024-10-15T06:16:39Z
dc.date.issued2024-10-15
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11288
dc.description.abstractIndeks Prestasi Kumulatif (IPK) digunakan di perguruan tinggi untuk mengukur seberapa baik siswa melakukan pembelajaran mereka. Mahasiswa Pendidikan Matematika memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) yang berbeda setiap semester, di sebabkan oleh berbagai faktor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan jenis fungsi diskriminan, atau model diskriminan, serta komponen apa saja yang berpengaruh secara signifikan terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas HKBP Nommensen. Tujuan lainnya adalah untuk menentukan seberapa tepat klasifikasi fungsi diskriminan. Penelitian ini melibatkan 50 mahasiswa yang aktif di kelas matematika tahun 2020, 2021, dan 2022. Sampelnya diambil dengan teknik sampling acak sederhana, dan jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif karena hasilnya berupa angka yang akan dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis diskriminan. Metode penelitian yang digunakan juga adalah kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh model diskriminan yang menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Pendidikan Matematika, dengan persamaan: Y=0,119+6,138X_4+8,120X_6-13,910X_9 Variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap IPK adalah motivasi belajar, kesehatan mental, dan lingkungan kampus. Model diskriminan ini mampu mengklasifikasikan mahasiswa dengan ketepatan sebesar 100%, sehingga dapat digunakan untuk menentukan apakah seorang mahasiswa memiliki IPK di bawah 3,75 atau di atas sama dengan 3,75.en_US
dc.subjectIPK,en_US
dc.subjectWaktu Belajar,en_US
dc.subjectWaktu Tidur,en_US
dc.subjectUang Saku,en_US
dc.subjectMotivasi Belajar,en_US
dc.subjectMinat Memilih Jurusan,en_US
dc.subjectKesehatan Mental,en_US
dc.subjectPerhatian Orang Tua,en_US
dc.subjectPendidikan Orang Tua,en_US
dc.subjectLingkungan Kampus,en_US
dc.subjectKeaktifan Berorganisasi,en_US
dc.subjectAnalisis Diskriminanen_US
dc.titleAnalisis Diskriminan Faktor-Faktor Yang Mempengaruh iIndeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas HKBP Nommensen Medanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record