Show simple item record

dc.contributor.authorMULIANTON, MULIANTON
dc.date.accessioned2024-10-15T02:00:30Z
dc.date.available2024-10-15T02:00:30Z
dc.date.issued2024-10-15
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11265
dc.description.abstractIdentifikasi latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa terhadap pemecahan masalah pada materi aljabar hal itu dilihat dari latihan siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi siswa kelas VII SMP Swasta parulian 2 Medan terhadap soal pemecahan masalah matematika pada materi aljabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana sebanyak 26 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes sebanyak 4 butir soal uraian pada materi aljabar. Untuk menganalisis dan mengetahui kemampuan literasi numerasi berdasarkan indikator. Indikator menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika untuk memecahkan masalah dengan persentase sebanyak 71 % termasuk dalam kategori baik, untuk indikator menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, diagram dan lain sebagianya) dengan persentase 23 % kategori sangan kurang, indikator menafsirkan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan dalam menyelesaikan masalah dengan persentase 11,4 % kategori sangat kurang. Rata-rata tes kemampuan literasi numerasi siswa yaitu 65,26 dengan kategori cukup.en_US
dc.subjectAnalisis,en_US
dc.subjectKemampuan Literasi Numerasi,en_US
dc.subjectPemecahan Masalah,en_US
dc.titleANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR SISWA KELAS VII SMP SWASTA PARULIAN 2 MEDAN T.A. 2024/2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record