Pengaruh Strategi Listening Team Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 MedanT.A 2024/2025
Abstract
Penelitian ini dilakukan di sekolah SMP Negeri 37 Medan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Strategi Listening Team terhadap kemampuan menulis pada siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Two Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini seluruh kelas VIII berjumlah 120 siswa. Dalam penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Setelah dilakukan analisis data penelitian pada kelas kontrol dan eksperimen maka nilai rata-rata yang diperoleh pada kelas kontrol tanpa penggunaan strategi listening team (51,667) dengan standar deviasi (9,159) dan nilai rata-rata pada kelas eksperimen dengan penggunaan Strategi listening team (78,5) dengan standar deviasi (8,480). Hasil uji data kelas kontrol dan eksperimen menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian dilakukan uji ”t” pada taraf signifikan a= 0,05 diperoleh Thitung >Ttabel ( 11,575>1,67155). Dengan demikian disimpulkan bahwa strategi listening team berpengaruh signifikan pada kemampuan menulis teks berita.