Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Meresensi Novel di Kelas VIII SMP Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Meresensi Novel di Kelas
VIII SMP Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Two Group Post Test Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VIII berjumlah 352 Siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk ekperimen pada kelas kontrol dan eksperimen dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi, diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 61,56 dengan simpangan baku 10,78 dan nilai kelas eksperimen rata-rata 81,25 dengan simpangan baku
9.60. Hasil uji prasyarat data kelas kontrol dan eksperimen menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian dilakukan uji "t" pada taraf signifikan α =0.05 diperoleh Thitung > Ttabel = (7,63178
> 1,66980). Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi.