PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASIF PADA SISWA -SISWI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PANGARIBUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair And Share Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasif Pada Siswa-Siswi Kelas VIII Smp Negeri 2 Pangaribuan Tahun Pembelajaran 2023/2024.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain penelitian two grup pretest dan posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 150 siswa-siswi yang didistribusikan menjadi 5 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster sampling dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A3 sebanyak 30 siswa dan VIII-A4 sebanyak 30 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair And Share Berbantuan Media Gambar Berseri, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 61,2 dan nilai rata-rata pada posttest yaitu 82,4 . Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ⍺ =0,05, diperoleh thitung > ttabel (7,2824 > 1,66980), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha diterima. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen.
Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair And Share Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasif Pada Siswa-Siswi Kelas VIII Smp Negeri 2 Pangaribuan Tahun Pembelajaran 2023/2024.