Show simple item record

dc.contributor.authorLAHAGU, FAJARMAN
dc.date.accessioned2024-05-28T09:19:23Z
dc.date.available2024-05-28T09:19:23Z
dc.date.issued2024-05-28
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10685
dc.description.abstractPenelitian ini mengkaji tentang peranan Kepemimpinan Camat dalam meningkatkan kinerja pegawai untuk memaksimalkan pelayanan publik di Kantor Kecamatan Mandrehe Utara Kabupaten Nias Barat. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini mengetahui peranan Camat Mandrehe Utara, faktor-faktor pendukung, dan faktor-faktor penghambat dalam meningkatkan kinerja pegawai dalam pelayanan publik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan Camat di Kantor Camat Mandrehe Utara dinilai sudah baik, tipe kepemimpinannya sudah memberikan pengaruh besar terhadap kedisiplinan dan Kinerja para pegawai dalam memberikan pelayanan publik. Sehingga mendukung pegawai bekerja lebih optimal. Sedangkan faktor penghambatnya ialah kedisiplinan waktu dan sulitnya mempertahankan kinerja para pegawai. Kepemimpinan camat dalam meningkatkan kinerja pegawai di kantor camat Mandrehe Utara merujuk pada tipe kepemimpinan paternalistik yang telah di terapkan pada ruang lingkup Kantor Kecamatan Mandrehe Utara Kabupaten Nias Barat dan tipe kepemimpinan yang di terapkan oleh Camat Mandrehe Utara ini memberi pengaruh besar terhadap kedisiplinan dan kinerja pegawai di Kantor Camat Mandrehe Utara. Hal ini juga berdampak baik terhadap pelayanan masyarakat, seperti memberikan pelayanan yang optimal dan sesuai prosedur hal ini menjadi faktor pendukung untuk kinerja pegawai yang lebih baik. Tantangan yang di hadapi camat dalam meningkatakan kinerja pegawai di Kantor Camat Mandrehe Utara berdasarkan hasil penelitian adalah sebagai berikut: Tantangan dalam kedisiplinan waktu para pegawai dan tantangan dalam menjaga kualitas kinerja para pegawai. Saran dari penelitian ini adalah Camat dapat menangapi dengan sigap dan tegas dalam menghadapi tantangan yang ada dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kantor Camat Mandrehe Utara Kabupaten Nias Barat. Masyarakat dapat ikut serta dalam menyampaikan keluhan, kritik, dan saran agar kantor camat Mandrehe Utara menjadi lebih baik lagi. Camat juga dapat menjalin kerjasama yang baik antar pegawai dalam melayani masyarakat.en_US
dc.subjectKepemimpinan,en_US
dc.subjectKinerja,en_US
dc.subjectPelayanan Publiken_US
dc.titlePERANAN KEPEMIMPINAN CAMAT DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI UNTUK MEMAKSIMALKAN PELAYANAN PUBLIKen_US
dc.title.alternative(STUDI KASUS KANTOR KECAMATAN MANDREHE UTARA KABUPATEN NIAS BARAT)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record