Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Bermodel Project Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Fase F Di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi bermodal Project Based Learning terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa fase F kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Pakam tahun ajaran 2023-2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Two Group Post Test Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas XI berjumlah 378 Siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Setelah dilakukan penelitian untuk ekperimen pada kelas kontrol dan eksperimen dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi bermodel Project Based Learning, diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 66.70 dengan simpangan baku 10,72 dan nilai kelas eksperimen rata-rata 79,85 dengan simpangan baku 8,74. Hasil uji prasyarat data kelas kontrol dan eksperimen menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian dilakukan uji "t" pada taraf signifikan α =0.05 diperoleh Thitung > Ttabel = (6,5136 > 1,6682). Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Bermodel Project Based Learning.