dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan di sekolah SMP Negeri 14 Medan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media padlet terhadap kemampuan menulis pada siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Two Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini seluruh kelas VIII berjumlah 160 siswa. Dalam penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Setelah dilakukan analisis data penelitian pada kelas kontrol dan eksperimen maka nilai rata-rata yang diperoleh pada kelas kontrol tanpa penggunaan media padlet (52,18) dengan standar deviasi (9,91) dan nilai rata-rata pada kelas eksperimen dengan penggunaan media padlet (75,31) dengan standar deviasi (9,51). Hasil uji data kelas kontrol dan eksperimen menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian dilakukan uji ”t” pada taraf signifikan a= 0,05 diperoleh Thitung
>Ttabel ( 9,40243>1,66980). Dengan demikian dsimpulkan bahwa media padlet
berpengaruh signifikan pada kemampuan menulis teks argumentasi. | en_US |