dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan di sekolah SMP Negeri 11 Medan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi bermodel Project Based Learning pada siswa fase D (VIII) SMP Negeri 11 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Two Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini seluruh kelas VIII berjumlah 300 siswa. Dalam penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Untuk memperoleh data digunakan penugasan menulis teks puisi dari analisis yang diperoleh kemampuan siswa menulis teks puisi di k VIII SMP Negeri 11 Medan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi bermodel Project Based Learning skor terendah 60 dan skor tertinggi 95 dengan rata-rata 80,17. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh thitung = 9, 82456 dan ttabel = 1.67155 dengan taraf singsifikan 5% dengan df= (N1+N2)-2, df yaitu 58 Dari df 58 diperoleh taraf significan 5% = 1,67155 berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan , dapat diketahui bahwa Thitung>Ttabel yaitu 9,82456>1,67155. Dengan demikian hipotesis awal (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.sehingga akan dinyatakan bahwa pembelajaran berdiferensiasi bermodel Project Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks puisi. | en_US |