Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Siswi Kelas VII SMP Negeri 37 Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media powtoon terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa siswi kelas VII SMP Negeri 37 Medan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang berdasarkan perhitungan angka-angka statistik dalam hasil temuannya. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII dengan jumlah 188 siswa dengan sampel penelitian ini adalah VII-D sebanyak 30 siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji , uji Homogenitas dan uji Hipotesis.
Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan postest penggunaan media powtoon, diperoleh nilai rata-rata kelas pretest yaitu 54,53 dengan varians 151,29 dan kelas posstest rata-rata 69,86 dengan varians 217,26. Hasil uji prasyarat data pretest dan postest menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian dilakukan uji”t”pada taraf signifikan α= 0.05 diperoleh Thitung > Ttabel = (4,31 > 2,045). Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan Media powtoon di kelas VII SMP Negeri 37 Medan.