dc.contributor.author | SIMANUNGKALIT, ATRI NOVELA | |
dc.date.accessioned | 2024-05-22T07:08:24Z | |
dc.date.available | 2024-05-22T07:08:24Z | |
dc.date.issued | 2024-05-22 | |
dc.identifier.uri | https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10603 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Self-Directed Learning (SDL) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Pada Siswa Kelas XI SMA Swasta Abdi Negara Binjai Tahun Ajaran 2023/2024
Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen, menggunakan desain penelitian One Group Pretest dan Posttest. Populasi penelitian 82 dan sampel 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling.
Hasil penelitian pretest menunjukkan bahwa jumlah siswa yang lulus KKM dalam menulis teks eksplnasi kompleks berjumlah 6 orang (20%). dan setelah menggunakan model pembelajaran terdapat peningkatan jumlah siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 23 (76%) orang. Didapat 1-hitung 5.58 dan Label 1,70 maka Ho ditolak dan H, diterima. Disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Model Self-Directed Learning (SDL) dapat meningkatkan kemampuan menulis berita siswa pada pelajaran bahasa Indonesia pada jenjang SMA Kelas Xl | en_US |
dc.subject | Model Self-Directed Learning (SDL) Kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks. | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Self-Directed Learning (SDL) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Pada Siswa Kelas XI SMA Swasta Abdi Negara Binjai Tahun Ajaran 2023/2024 | en_US |