Show simple item record

dc.contributor.authorTOGATOROP, NURLIA
dc.date.accessioned2024-05-21T09:38:03Z
dc.date.available2024-05-21T09:38:03Z
dc.date.issued2024-05-21
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10581
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh modal, sikap kewirausahaan dan pengalaman berdagang terhadap pendapatan pedagang di pasar lintongnihuta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis Structural Equation Modeling (SEM). Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang di Pasar Lintongnihuta dengan jumlah responden sebanyak 108 orang, dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis Convenience Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal tidak berpengaruh positif terhadap pendapatan pedagang di Pasar Lintongnihuta. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa modal berpengaruh positif terhadap pengalaman berdagang, penelitian ini melalui pengujian diperoleh nilai CR sebesar 2,396 > 1,967 dan nilai probabilitas sebesar 0,017 < 0,05 menunjukkan modal berpengaruh langsung terhadap peningkatan pendapatan pedagang di Pasar Lintongnihuta. Hasil penelitian ini menunjukkan sikap kewirausahaan terhadap pendapatan tidak berpengaruh positif. Hasil dari pengujian penelitian ini juga menunjukkan berdagang tidak berpengaruh terhadap pendapatan pelaku pedagang di pasar lintongnihuta. Sikap kewirausahaaan berpengaruh terhadap pengalaman berdagang diperoleh nilai CR 2,525 > 1,967 dan nilai probabilitas 0,012 > 0,05. Hasil penelitian modal terhadap pendapatan tidak berpengaruh positif melalui pengalaman berdagang. Dalam hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap kewirausahaan tidak berpengaruh positif terhadap pendapatan melalui pengalaman berdagang.en_US
dc.subjectModal,en_US
dc.subjectSikap Kewirausahaan,en_US
dc.subjectPengalaman Berdagang dan Pendapatanen_US
dc.titlePENGARUH MODAL, SIKAP KEWIRAUSAHAAN DAN PENGALAMAN BERDAGANG TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG DI PASAR LINTONGNIHUTA KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record