dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak pembelajaran berdiferensiasi bermedia wardwall terhadap kemampuan memahami teks deskripsi siswa kelas VII SMP HKBP Sidorame Medan pada tahun pembelajaran 2023/2024. Populasi studi mencakup 16 siswa dari kelas tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Hasil pre-test menunjukkan bahwa kemampuan siswa sebelum menggunakan pembelajaran berdiferensiasi bermedia wardwall pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 72,75. Hasil post-test menunjukkan bahwa kemampuan siswa sesudah menggunakan pembelajaran berdiferensiasi bermedia wardwall pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,5. Analisis data menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 5% nilai Thitung 15,7407 > Ttabel 1,753. Hipotesis nol (Ho) ditolak, hipotesis alternatif (ha) diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memahami teks deskripsi berpengaruh menggunakan pembelajaran berdiferensiasi bermedia wardwall.
. | en_US |