Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Kelas VII SMP N 18 Medan.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk pengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe teams games tournament terhadap kemampuan menulis teks deskriptif siswa kelas VII SMP N 18 Medan.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest dan Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa VII, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-11 dengan jumlah siswa 30 orang yang ditentukan dengan teknik cluster sumpling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Setelah dilakukan penelitian eksperimen untuk pretest dan posttest menggunakan model kooperatif tipe teams games tournament diperoleh nilai rata-rata pretest 45,16 dan nilai rata-rata posttest 81,16. Hasil uji persyaratan data prettest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi Normal dan Homogen. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan 5% yaitu df = N1+N2, df =30+30- 2 = 60-2= 58. Dari df 58 diperoleh taraf signifikan 5% = 1,67155 Ttabel. Hasil perhitungan yang dilakukan dapat diketahui bahwa Thitung > Ttabel 12.1212 >1,67155. Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Dengan demikian,dapat dinyatakan kemampuan menulis teks deskriptif berpengaruh menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe teams games tournament.