PENGARUH PENGGUNAAN METODE EXAMPLES NON-EXAMPLES BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN PADA SISWA SISWI KELAS IX SMP NEGERI 37 MEDAN T.A.2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengaruh Penggunaan Metode Examples Non-examples Berbasis Aplikasi Canva terhadap Kemapuan menlis Teks Cerpen Pada Siswa-Siswi Kelas IX SMP 37 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian adalah two grup posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX dengan jumlah 240 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian adalah kelas 9.A dengan jumlah sebanyak 30 orang dan 9.B dengan jumlah sebanyak 30 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penelitian yakni posttest menggunakan penggunaan metode examples non-examples berbasis aplikasi canva, diperoleh nilai rata-rata posttes kelas kontrol yaitu 52.03 dan posttest yaitu 76,06. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ∝= 0,05 dan diperoleh thitung > ttabel (7,2948 > 1,67155) dengan demikian bahwa Ho ditolak dan Ha diterima serta hasil uji prasyarat pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Maka dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Penggunaan Metode Examples Non-examples Berbasis Aplikasi Canva terhadap Kemapuan menlis Teks Cerpen Pada Siswa-Siswi Kelas IX SMP 37 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.