Show simple item record

dc.contributor.authorPANJAITAN, YENNY MARITO
dc.date.accessioned2024-05-17T05:35:49Z
dc.date.available2024-05-17T05:35:49Z
dc.date.issued2024-05-17
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10549
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Canva Template Desain Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasif Pada Siswa Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian One Group Pre-Test and Post-Test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024 yang berjumlah 60 siswa-siswi yang didistribusikan menjadi 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest penggunaan media canva template desain, diperoleh skor terendah 44 dan skor tertinggi 76 dengan nilai rata-rata pretest yaitu 51,87 dan diperoleh skor terendah 64 dan skor tertinggi 96 dengan nilai rata-rata pada posttest yaitu 79,06. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji "t" pada taraf signifikan ⍺ = 0,05. Dari data perhitungan thitung > ttabel = 8,60 >2.41 oleh karena itu, hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H₂) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya Pengaruh Penggunaan Media Canva Template Desain Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasif Pada Siswa Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024.en_US
dc.subjectMedia Canva Template Desain,en_US
dc.subjectTeks Persuasif,en_US
dc.subjectKemampuan Menulis.en_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CANVA TEMPLATE DESAIN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASIF PADA SISWA KELAS VIII SMP HKBP SIDORAME MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record