Show simple item record

dc.contributor.authorHASUGIAN, JOHANNES CALVIN
dc.date.accessioned2024-05-15T05:08:13Z
dc.date.available2024-05-15T05:08:13Z
dc.date.issued2024-05-15
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10524
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian di apotek otty rantauprapat baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif, dengan populasi yang tidak diketahui jumlahnya dan melalui rumus Rao Purba diperoleh jumlah sampel 100 responden. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan uji instrument yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis yang terdiri dari uji-t, uji-F dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan analisis regresi linear berganda yang digunakan dalam penelitian ini dapat di rumuskan sebagai berikut: Y = 4.862 + 0,600 X1 + 0,190 X2 + e yang artinya Nilai koefisien konstanta sebesar 4.862 yang berarti jika variabel independen Kualitas Pelayanan (X1) dan Lokasi (X2) adalah nol, maka nilai Keputusan Pembelian sebesar 4.862. Nilai koefisien regresi Kualitas Pelayanan (X1) sebesar 0,600 yang berarti setiap kenaikan variabel (X1) sebesar satu satuan, maka Keputusan Pembelian (Y) mengalami peningkatan sebesar 0,600. Nilai variabel Kualitas Pelayanan (X1) terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) bernilai positif, artinya semakin tinggi nilai variabel (X1) maka semakin tinggi nilai variabel Y. Nilai koefisien regresi Lokasi (X2) sebesar 0,190 yang berarti setiap kenaikan variabel X2 sebesar satu satuan, maka Keputusan Pembelian (Y) mengalami peningkatan sebesar 0,190. Nilai variabel Lokasi (X2) terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) Bernilai positif, artinya semakin tinggi nilai variabel X2, maka semakin tinggi nilai variabel Y. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai t-hitung variabel kualitas pelayanan (X1) sebesar 8,097 dimana nilai tersebut > t-tabel yaitu sebesar 1.985. nilai t-tabel sebesar 1.985 dan nilai signifikansi variabel kualitas pelayanan (X1) adalah 0,00<0,05 maka H0 ditolak H1 diterima artinya, kualitas pelayanan (X1) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keputusan pembelian (Y) pada Apotek Otty Rantauprapat. Uji t pada lokasi diperoleh nilai t-hitung variabel Lokasi (X2) sebesar 2,455 dimana nilai tersebut > t-tabel yaitu sebesar 1.985 Dan nilai signifikansi variabel Lokasi (X2) adalah 0,00 < 0,05 . Maka H0 ditolak H1 diterima artinya, Lokasi (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada Apotek Otty di Rantauprapat. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan nilai R Square yaitu sebesar 0,552, artinya kualitas pelayanan dan lokasi berpengaruh sebesar 55% sedangkan sisanya 45 % dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari penelitian inien_US
dc.subjectKualitas pelayanan,en_US
dc.subjectLokasi danen_US
dc.subjectKeputusan Pembelian  en_US
dc.titlePENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI APOTEK OTTY RANTAUPRAPATen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record