Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Cartoon Story Maker Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Fase D Di SMA perguruan Teladan Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Cartoon Story Maker Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Kelas X Di SMA Perguruan Teladan Medan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian two group posttest design. Populasi yang diteliti adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 75 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian adalah kelas X1 dengan jumlah 25 orang dan X3 dengan jumlah sebanyak 25 orang yang ditentukan dengan teknik Cluster Sampling. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas dengan uji F, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Setelah pelaksanaan penelitian yakni posttest menggunakan Pembelajaran Berdiferensiasi berbantuan Aplikasi Cartoon Story Maker, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 54,6 dan posttest kelas eksperimen yaitu 76. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini diperoleh thitung>ttabel (7,40 > 1,98) dengan demikian bahwa Ho ditolak dan Ha diterima serta hasil uji persyaratan posttest berdistribusi normal dan homogen. Maka dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Cartoon Story Maker Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Kelas X SMA Perguruan Teladan Medan.