• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS FRASA EKSOSENTRIS DALAM NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMAHAMAN PEMBELAJARAN TEKS ULASAN BAHASA INDONESIA DI KELAS Vlll SMP NEGERI 4 MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    NOVANI SARAGI.pdf (282.7Kb)
    Date
    2024-05-14
    Author
    SARAGI, NOVANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) frasa eksosentris dalam Guru Aini karya Andrea Hirata, (2) mendeskripsikan jenis frasa eksosentris yang paling dominan dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata, (3) mendeskripsikan implikasi frasa eksosentris dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata terhadap pembelajaran teks ulasan bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 4 Medan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah frasa eksosentris dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata serta implikasinya terhadap pemahaman pembelajaran teks ulasan bahasa Indonesia. Data penelitian ini berupa kalimat-kalimat dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata yang mengandung frasa eksosentris. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca dan catat. Peneliti dalam penelitian ini menganalisis frasa eksosentris, frasa eksosentris dominan, serta implikasi terhadap pembelajaran teks ulasan bahasa Indonesia di kelas VIII. Frasa eksosentris dapat diklasifikasikan menjadi dua golongan, yaitu frasa eksosentris direktif dan frasa eksosentris nondirektif. Frasa eksosentris Direktif yang peneliti temukan berjumlah 1.295 frasa dan frasa eksosentris nondirektif berjumlah 388 frasa. Dari data tersebut frasa eksosentris yang paling dominan yaitu frasa eksosentris direktif. Implikasinya terhadap pemahaman pembelajaran teks ulasan di kelas VIII SMP Negeri 4 medan siswa paham tentang pembelajaran mengulas karya sastra yaitu novel Guru Aini dan siswa dapat menuliskan teks ulasan dengan baik.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10516
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback