Show simple item record

dc.contributor.authorVERONIKA, RISNA
dc.date.accessioned2024-05-02T09:35:17Z
dc.date.available2024-05-02T09:35:17Z
dc.date.issued2024-05-02
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10462
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PPKn dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 14 Medan. Karena penelitian ini berbentuk PTK dengan metode deskriptif kuantitatif, maka penulis hanya melakukan siklus I dan II serta menggambarkan. Rancangan penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test berdasarkan rumusan masalah yaitu apakah penerapan model STAD dapat meningkatkan hasil belajr siswa dan bagaimana penerapannya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari ke-II siklus yang dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindadakan, pengamtan, dan refleksi data hasil belajar siswa yang di peroleh pada siklus I hasil rata-rata pre-test 54,6 dengan tingkat ketuntasan 26,6% (8 siswa tuntas) dan hasil post-tes pada siklus II memperoleh rata-rata 79,6 dengan tingkat ketuntasan 86,6% (24 siswa tuntas), dengan demikian tingkat ketuntasan dari siklus I yang di berikan pre-test ke siklus II di berikan post-test mengalami peningkatan sebesar 60% dan nilai N-gain (ukuran peningkatan) memperoleh 0,55 yang masuk dalam interprestasi sedang artinya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memenuhi indikator keberhasilan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-E SMP Negeri 14 Medan dengan materi keberagaman bangsa indonesia dalam bingkai bhineka tunggal ika .en_US
dc.subjectPenerapan,en_US
dc.subjectModel Kooperatif Tipe STAD,en_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN PPKn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII UPT SMP NEGERI 14 MEDANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record