Show simple item record

dc.contributor.authorSIRAIT, MAYA LESTARI
dc.date.accessioned2024-01-22T09:46:36Z
dc.date.available2024-01-22T09:46:36Z
dc.date.issued2024-01-22
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10013
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media aplikasi canva terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan T.P 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain two group posttest-only control design. Populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas VIII berjumlah 64 siswa yaitu kelas VIII-A sebanyak 32 siswa dan VIII-B sebanyak 32 siswa Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan postest penggunaan media aplikasi canva, diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 61,56 dengan simpangan baku 10,78 dan kelas eksperimen rata-rata 81,25 dengan simpangan baku 9,60. Hasil uji prasyarat data pretest dan postest menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian dilakukan uji”t”pada taraf signifikan α= 0.05 diperoleh Thitung > Ttabel = (7,63178 > 1,66980). Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan Media aplikasi canva.en_US
dc.subjectMedia Aplikasi Canva,en_US
dc.subjectTeks Eksplanasi,en_US
dc.subjectKeterampilan Menulis.en_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI CANVA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMP HKBP SIDORAME MEDAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record