PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MOTION GRAPHIC TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPTIF KELAS VII SMP SWASTA HKBP SIDORAME MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Motion Graphic Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Kelas VII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest dan posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan jumlah 30 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII sebanyak 30 siswa yang ditentukan dengan teknik sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Setelah dilakukan penelitian pada kelas kontrol pretes dan posttest, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 45,16 dengan simpangan baku 10,91. Sedangkan penelitian kelas eksperimen posttest, diperoleh nilai rata-rata pada posttest yaitu 81,16 dengan simpangan baku 11,80. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ⍺ =5% diperoleh thitung > ttabel (12,1212 > 1.67155), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha diterima. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Penggunaan Media Motion Graphic Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Oleh Siswa-siswi Kelas VII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024.