PENGARUHiMODELiCOURSE iREVIEW iHORAY DALAM PEMBELAJARANiMENGIDENTIFIKASIiUNSUR-UNSUR iTEKS iBERITA iPADA iSISWA/I iKELAS iVIII iSMP iNEGERI i37 iMEDAN i
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 37 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 180 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan berdasarkan cluster samplingsederhana. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Kelas eksperimen terdiri atas 30 siswa dan kelas kontrol terdiri atas 30 siswa, sehingga diperoleh jumlah sampel diperoleh sebanyak 60 siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen two group only design, untuk memperoleh data digunakan penugasan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita menggunakan model course review horay dan model ceramah. Berdasarkan hasil penugasan yang di kerjakan oleh siswa dikelas kontrol nilai terendah yang diperoleh 36,6 dan nilai tertinggi 76,6 dengan rata-rata 53,97. Pada kelas eksperimen didapat nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 93,3 dengan rata-rata 78,08. Berdasarkan hasil perhitungan t_(hitung )= 8,67 dan t_(tabel )= 2,04 dengan taraf signifikan 2,04 menunjukkan t_(hitung )>t_(tabel )maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model course review horay berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan.