PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK OLEH SISWA - SISWI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANCUR BATU TP 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Kemampuan Menyimak Oleh Siswa – Siswi Kelas VIII SMP Negeri 1 Pancur Batu TP 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain penelitian two grup pretest dan posttest design.
Sampel penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Pancur TP 2023/2024 yang terdiri dari 2 kelas, kemudian untuk menetapakan kelas mana yang akan dijadikan sampel dan kelas mana yang akan menjadi kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol maka dilakukan teknik cluster sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest Pembelajaran Course Review Horay,Kemampuan Menyimak siswa menggunakan Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay nilai posttest pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 55,56 berkategori baik dengan simpangan baku 7,52. Nilai tertinggi siswa adalah 69 dan terendah 40 dan pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata 79,8 berkategori baik dengan simpangan baku 8,17. Nilai tertinggi siswa adalah 90 dan terendah 65 Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan �� =0,05, diperoleh t hitung > t tabel (3,90 > 2,042), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha diterima. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Kemampuan Menyimak Oleh Siswa – Siswi Kelas VIII SMP Negeri 1 Pancur Batu TP 2023/2024.