Show simple item record

dc.contributor.authorSIGALINGGING, ROMASDO
dc.date.accessioned2024-01-22T09:12:25Z
dc.date.available2024-01-22T09:12:25Z
dc.date.issued2024-01-22
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10006
dc.description.abstractBuku kerap dianggap sebagai sumber pengetahuan untuk seluruh masyarakat. Buku memberikan informasi bagi pembaca, buku disusun secara sistematis, tercetak, terjilid, dan memiliki sampul/cover dibagian luar sebagai pelindung kertas yang telah di cetak. Umumnya ada beberapa jenis buku, yaitu buku non fiksi dan fiksi. Buku fiksi yaitu contohnya seperti novel, majalah, komik, buku kumpulan puisi dan masih banyak contoh buku-buku fiksi lainnya. Sedangkan yang termasuk kedalam buku non fiksi yaitu buku yang berbaur dengan penelitian Ilmiah, contohnya yaitu buku pembelajaran (buku teks siswa), tulisan ilmiah ataupun karya ilmiah. Dari jenis buku tersebut yang akan di teliti oleh peneliti pada penelitian ini, yaitu buku pembelajaran siswa (buku teks). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu buku bahasa Indonesia Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Hasil analisis antara buku Kurikulum 2013 dengan buku Kurikulum Merdeka yaitu materi buku Kurikulum 2013 pelajarannya lebih terstruktur sedangkan Kurikulum Merdeka menekankan pada pembelajaran karakter, moral dan budaya. Buku kurikulum Merdeka lebih fleksibel memberikan kebebasan kepada guru untuk mengembangkan pembelajaran, sedangkan Kuriukulum 2013 lebih terstruktur dan memiliki pedoman yang jelas.en_US
dc.subjectKurikulum 2013,en_US
dc.subjectKurikulum Merdeka,en_US
dc.subjectBuku teks/pembelajaranen_US
dc.titleANALISIS PERBEDAAN PENYAJIAN BUKU BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 DENGAN BUKU BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA KELAS VII SMPen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record