PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA/I KELAS VIII SMP SWASTA CERDAS MANDIRI
Abstract
Penerapan media pembelajaran audio visual diterapkan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kemampuan menulis puisi merupakan tindakan yang dikaji dalam penelitian ini. Kurangnya kemampuan siswa/i SMP Swasta Cerdas Mandiri dalam menulis puisi, hal ini penulis amati saat observasi langsung ke sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa/i SMP Cerdas Mandiri.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode eksperimen yang dilakukan dengan mengumpulkan data berupa angka yang kemudian hasil dari penelitian ini diinterprestasikan sesuai dengan hasil data yang didapat.
Berdasarkan uraian temuan penelitian tersebut, dapat diketahui bahwa hasil belajar menulis puisi setelah menggunakan media Audio Visual pada siswa/i kelas VIII SMP Swasta Cerdas Mandiri lebih baik daripada sebelum menggunakan media Audio Visual. Hal ini dibuktikan dari hasil Pretest dan Posttest. Hasil Posttest dengan nilai rata-rata 77,26 berada pada kategori baik dan hasil Pretest dengan nilai rata-rata 46,5 berada pada kategori tidak baik. Penggunaan media Audio Visual dalam menulis puisi memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Swasta Cerdas Mandiri Tahun Ajaran 2023/2024 dari pada sebelum menggunakan media Audio Visual. Dapat dibuktikan dari tabel uji normalitas data prettest menggunakan uji normalitas Liliefors t_hitung<t_tabel = LHitung=0,150806<LTabel=0,1740 dan dibuktikan dari tabel uji normalitas data posttest menggunakan uji normalitas Liliefors t_hitung<t_tabel = LHitung=0,1541<LTabel=0,1740. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas diketahui, langkah selanjutnya adalah melakukan pengujian hipotesis. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa pengujian hipotesis LHitung>LTabel dapat dilihat dari nilainya LHitung=5,07>LTabel=0,1740 dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 (Hipotesis nihil) ditolak dan Ha (Hipotesis alternatif) diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa media Audio Visual berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi.