PENGARUH PENGGUNAN METODE CHAIN WRITTING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA SISWI KELAS IX DI SEKOLAH UPT SMP NEGERI 37 MEDAN TAHUN PELAJARAN
Abstract
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX UPT SMP Negeri 37 Medan tahuun pembelajaran 2023/202 berjumlah 233 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster sampling sederhana, sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelompok kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen posstest-only design untuk memperoleh data digunakan penugasan menulis teks pidato dari analisis yang diperoleh kemampuan siswa menulis teks pidato di kelas IX UPT SMP Negeri 37 Medan menggunakan metode chain writting diperoleh skor terendah 20 dan skor tertinggi 84 dengan rata-rata 52,26 pada kelas kontrol dan pada kelas eksperimen diperoleh skor terendah 20 dan skor tertinggi 92 dengan rata-rata 72,55, berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh thitung = 5,4867 dan ttabel= 2,0198, dengan taraf signifikan 5% = 2.0198 menuju thitung > ttabel atau 5,4867 >2,0198 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan metode chain writting terhadap kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX UPT SMP Negeri 37 Medan.